Pandemi Covid-19 berdampak pada banyak sektor kehidupan, termasuk pendidikan. Proses pembelajaran di sekolah dilakukan secara daring untuk mitigasi persebaran virus. Menggunakan metode kalitatif deskriptif tulisan ini bertujuan menyajikan kajian dampak pembelajaran daring pada mata pelajaran Geografi kelas XI IPS SMAN 1 Labuhan Haji, spesifik materi pokok Pengolahan dan Analisis Data Kependudukan. Data diproleh melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil mengindikasikan, dibanding dengan materi pokok yang lain, pembelajaran daring berdampak pada penurunan prestasi belajar pada indikator materi Pengolahan dan Analisis Data Kependudukan, sebesar 40%. Dari 30 siswa dengan Kompetensi Ketuntasan Minimal 75, 53% tuntas dan 47% tidak tuntas, dan nilai rata-rata 75%. Selain itu, terdapat variasi kendala pendampingan orang tua saat belajar daring, seperti sibuk bekerja, tidak sabar melakukan pendampingan, tidak memahi pelajaran, hingga soal beban pengadaan internet. Pembelajaran daring membutuhkan inovasi dan kolaborasi antara guru, siswa, dan orang tua siswa untuk menemukan solusi yang jitu dan afirmatif.
Copyrights © 2021