Biologi Edukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Vol 13, No 1 (2021): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi

Desain Kegiatan Laboratorium (DKL) Alternatif Berbasis HOTS pada Materi Sistem Indera dengan Berbasis HOTS

Rival Arief Tyansha (Universitas Pendidikan Indonesia)
Bambang Supriatno (Universitas Pendidikan Indonesia)
Sri Anggraeni (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2021

Abstract

Pembelajaran saat ini menuntut siswa memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi. Salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan tersebut adalah dengan kegiatan praktikum, namun kenyataannya 87% desain kegiatan praktikum yang beredar masih belum memfasilitasi peningkatan kemampuan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis desain kegiatan laboratorium pada materi sistem indera manusia dan melakukan rekonstruksi dengan berbasis HOTS. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dengan total DKL sebanyak 5 buah. Analisis yang dilakukan terhadap DKL diukur dari segi komponen kompetensi, praktikal, dan konstruksi pengetahuan. Hasil yang didapatkan bahwa pada komponen kompetensi dan konstruksi pengetahuan masih rendah dan komponen praktikal sudah terpenuhi. Hal ini menunjukkan masih banyak DKL pada materi sistem indera tidak dapat menunjang kompetensi dan konstruksi pengetahuan. Hasil rekonstruksi diharapkan sebagai sumber alternatif desain kegiatan laboratorium yang dapat digunakan oleh guru dan siswa sebagai pedoman dalam kegiatan praktikum pada materi sistem indera.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JBE

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Jurnal Biologi Edukasi (J.BioEd) contains the results of biology and biology education research from many educational institutions in Indonesia. It published twice a year in June and ...