Jurnal Nalar Pendidikan
Vol 2, No 1 (2014): JURNAL NALAR PENDIDIKAN

PENGARUH STRATEGI GENIUS LEARNING MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMEN AND SATISFACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Nurhayati, Nurhayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2016

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Genius learning melalui model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen 82 dengan standar deviasi 9 sedangkan kelas kontrol 72 dengan standar deviasi 12 dan ketuntasan pada kelas eksperimen sebesar 94% sedangkan pada kelas kontrol sebesar 65%. Pengujian hipotesis menggunakan analisis kovarians (ANACOVA) dengan bantuan komputer program SPSS for windows menunjukkan nilai signifikansi p= 0,00 < α= 0,05, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti ada pengaruh positif strategi genius learning melalui model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar siswa studi pada materi pokok hidrokarbon kelas X SMAN 3 Makassar.Kata kunci: Strategi Genius Learning, Model pembelajaran ARIAS, Hasil belajar.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

nalar

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Nalar Pendidikan merupakan wadah publikasi hasil karya penelitian yang bersifat kependidikan yang diterbitkan oleh LPM Penalaran UNM. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, terdiri atas 10 karya yang berasal dari dosen, guru, dan mahasiswa. Karya tulis yang diterbitkan dalam jurnal ini ...