Jurnal Nalar Pendidikan
Vol 5, No 2 (2017): JURNAL NALAR PENDIDIKAN

Pengaruh Penggunaan Startegi Dynamic Problem Solving Berbasis Conceptual Scaffolding untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sifat Koligatif Larutan

Ariyaldi, Ariyaldi (Unknown)
Putri, Asmawati Tri (Unknown)
Khalisah, Andi Nur (Unknown)
Nurhikma, Nurhikma (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2017

Abstract

AbstractThis study aims to determine the effect of dynamic problem solving strategy based on conceptual scaffolding on learning outcomes and learning activities of learners on the material of the colligative nature of solution. This research uses experimental method with true experimental design in the form of pretest-posttest control group design. Population in this research is students class XII which study material of colligative nature of solution at SMAN 5 Makassar. The sample in this study is the students of class XII IPA consisting of two classes, namely experimental class and control class. The sampling technique used in this research is random sampling. Data analysis techniques using descriptive analysis techniques and inferential statistical analysis which includes assumption test and hypothesis test. The data showed that there was difference in learning outcomes of learners and activities between the control class and the experimental class.  Keywords: Conceptual scaffolding, Colligative properties of solution, Dynamic problem solvingAbstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi dynamic problem solving berbasis conceptual scaffolding terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik pada materi sifat koligatif larutan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain true experimental dengan bentuk yang digunakan saat uji lapangan yaitu berbentuk pretest-postestcontrol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII yang mempelajari materi sifat koligatif larutan di SMAN 5 Makassar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah randomsampling.  Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial yang meliputi uji asumsi dan uji hipotesis. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik dan aktivitas antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kata Kunci: Conceptual scaffolding, Sifat koligatif larutan, Dynamic problem solving

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

nalar

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Nalar Pendidikan merupakan wadah publikasi hasil karya penelitian yang bersifat kependidikan yang diterbitkan oleh LPM Penalaran UNM. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, terdiri atas 10 karya yang berasal dari dosen, guru, dan mahasiswa. Karya tulis yang diterbitkan dalam jurnal ini ...