Jurnal EMPATI
Jurnal Empati: Volume 10, Nomor 2, Tahun 2021 (April 2021)

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN BURNOUT PADA GURU SLB C DI KOTA SURAKARTA

Sarah Sakinatus Sya’adah (Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro)
Diana Rusmawati (Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris hubungan antara kecerdasan emosional dengan burnout. Kecerdasan emosional merupakan kemampuan individu untuk menyadari dan mengatur emosi diri serta menyadari emosi orang lain. Burnout merupakan keadaan kelelahan yang ditandai dengan kelelahan emosional, depersonalisasi, dan kurangnya pencapaian pribadi akibat situasi yang menuntut secara emosional dalam jangka panjang. Guru yang memiliki kecerdasan emosional yang baik akan mengurangi resiko terkena burnout. Populasi dalam penelitian ini yaitu Guru SLB C di Kota Surakarta yang berjumlah 66 guru. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Purposive Sampling. Alat ukur yang digunakan yaitu Skala Kecerdasan Emosional (34 aitem, α= 0,954) dan Skala Burnout (29 aitem, α= 0,962). Berdasarkan uji korelasi Spearman’s Rho didapatkan rxy=-0,803 dengan sig. 0,000 (p<0,05) yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara kecerdasan emosional dengan burnout. Semakin tinggi kecerdasan emosional yang dimiliki, maka semakin rendah burnout yang dialami dan semakin rendah kecerdasan emosional yang dimiliki, maka semakin tinggi burnout yang dialami. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

empati

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal EMPATI is a scientific publication media that will be published six times a year in February, April, June, August, October, and December. Jurnal EMPATI is a scientific publication that accommodates scientific articles and empirical studies in Clinical Psychology, Developmental Psychology, ...