Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan explanatory (sebab akibat). Populasi dalam penelitian ini adalah industri handycraft di Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember sebesar 245 industri. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Dengan menggunakan rumus Slovin diperoleh jumlah sampel sebanyak 72 industri. Metode analisis adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software IBM SPSS 22. Secara keseluruhan, empat hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini terdapat tiga hipotesis diterima dan satu hipotesis ditolak. Hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan inovasi produk berpengaruh terhadap kinerja pemasaran dengan nilai signifikansi 0,000. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan berpengaruh terhadap kinerja pemasaran dengan nilai signifikansi masing-masing sebesar 0,000. Sedangkan inovasi produk berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran dengan nilai signifikansi 0,099.
Copyrights © 2021