Journal of Dehasen Educational Review
Vol 2 No 02 (2021): Journal of Dehasen Educational Review, July

Penerapan pendekatan bermain terhadap pembelajaran lompat jauh di Kelas X IPA

Deo Fajar Pratama (Pendidikan Jasmani FKIP UNIVED Bengkulu)
Mesterjon Mesterjon (FKIP UNIVED Bengkulu)
Supriyanto Supriyanto (Pendidikan Jasmani UNIVED Bengkulu)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2021

Abstract

Lompat jauh merupakan salah satu olahraga atletik dimana seseoang mengkombinasikan kecepatan, kekuatan, dan kelincahan untuk melempar dirinya dari papan tolakan. Olahraga ini telah menjadi bagian materi dari kurikulum pendidikan yang harus dipelajari. Lompat jauh adalah suatu aktivitas dalam atletik dengan gerakan yang dilakukan di dalam lompatan yang sejauh-jauhnya. Lompat jauh membutuhkan penguasaan teknik dasar yang baik dan benar, adapun lapangan lompat jauh yaitu jalur awalan 30-40 meter, panjang bak 9 meter, lebar bak lompatan 2,75 meter, lebar lintasan awalan 1,22 meter, lebar papan tumpu 20 cm, panjang papan tumpu 1,22 meter, bak lompat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Penelitian kualitatif adalah sebuah penelitian yang dilakukan untuk memahami sebuah fenomena secara mendalam dengan peneliti sebagai instrumen utama. Dalam penelitian ini peneliti mewawancarai bagaimana “Penerapan Pendekatan Bermain Terhadapa Pembelajaran Lompat Jauh Di Kelas X IPA 1 SMA Negeri 2 Argamakmur”. Dalam hal ini peneliti melakukan wawancara dengan guru olahraga SMA Negeri 2 Argamakmur. Wawancara dilakukan pada saat peneliti melaksanakan penelitian di SMA Negeri 2 Argamakmur, serta wawancara dilakukan secara terstruktur dengan berbagai pertanyaan yang telah di susun Berdasarkan hasil penelitian melalui wawancara, dan dokumentasi yang telah direduksi penerapan pendekatan bermain terhadap pembelajaran lompat jauh di Kelas X IPA 1 SMA Negeri 2 Arga Makmur sangat efektif dilihat dari jawaban yang telah diberikan oleh informan karena dapat meningkatkan minat siswa dan siswi dalam pembelajaran lompat jauh. Hasil dari wawancara terhadap guru dan siswa mengatakan bahwa dengan diterapkannya pendekatan bermain terhadap pembelajaran lompat jauh proses belajar menjadi menarik dan meningkatkan semangat belajar siswa dan siswi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jder

Publisher

Subject

Education Other

Description

e-ISSN 2721-2505 Journal of Dehasen Educational Review merupakan jurnal Open Access and Peer Reviewed yang memuat artikel ilmiah bidang Ilmu Pendidikan yang mencakup topik penelitian mengenai Manajemen dan Administrasi Pendidikan, Pengembangan Kurikulum, Pengembangan Media Pembelajaran dan Bahan ...