Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap penggunaan digital payment di Singaraja. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian faktorial. Populasi dalam penelitian ini merupakan konsumen yang menggunakan digital payment yang berjumlah 100 orang, yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner yang kemudian diolah dengan analisis faktor melalui program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 15 faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap penggunaan digital payment di Singaraja, yaitu faktor kebudayaan dengan nilai varian sebesar 70.399%, faktor sub budaya dengan nilai varian 5.815%, faktor kelas sosial dengan nilai varian 4.326%, faktor kelompok referensi dengan nilai varian 3.319%, faktor keluarga dengan nilai varian 2.798%, faktor peran dan status dengan nilai varian 2.497%, faktor umur dan tahapan siklus hidupdengan nilai varian 2.238%, faktor pekerjaan dengan nilai varian 1.686%, faktor keadaan ekonomi dengan nilai varian 1.462%, faktor gaya hidup dengan nilai varian 1.367%, faktor kepribadian dan konsep diri dengan nilai varian 1.092%, faktor motivasi dengan nilai varian 0,961%, faktor persepsi dengan nilai varian 0,843%, faktor proses belajar dengan nilai varian 0,694%, faktor kepercayaan dengan nilai varian 0,504%. Faktor yang paling dominan mempengaruhi perilaku konsumen terhadap penggunaan digital payment adalah faktor kebudayaan dengan nilai varian sebesar 70.399%.
Copyrights © 2021