ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 3 No 1 (2021): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

KEMAMPUAN MENGAPRESIASI PUISI MELALUI DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL SINEMATISASI PUISI KARYA DEWESY PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UNPATTI

Latupeirissa, Elsa (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2021

Abstract

Kemampuan mengapresiasi puisi dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan mendesain media pembelajaran audiovisual sinematisasi puisi. Kemampuan mengapresiasi puisi merupakan kemampuan memberi penilaian atau penghargaan terhadap karya itu dengan melibatkan aspek kognitif, aspek emotif dan aspek evaluatif. Kemampuan mendesain media pembelajaran merupakan upaya untuk ketersediaan media pembelajaran yang dijadikan sebagai bahan ajar serta sebagai upaya merevitalisasi karya sastra. Penilaian terhadap desain media ini dengan menggunakan beberapa kriteria yaitu pada teks puisi itu, pemeran tokoh , audio, dan visual. Lima belas responden dipakai untuk memberikan penilaian terhadap desain media pembelajaran. Hasil yang diperoleh adalah mahasiswa mampu mendesain media pembelajaran audiovisual sinematisasi puisi karya Dewesy sebagai bentuk kemampuan mereka dalam mengapresiasi puisi. Kemampuan apresiasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unpatti sudah pada tahap produktif, yakni mampu mengahsilkan wajah karya sastra dalam kemasan yang baru, tanpa menghilangkan makna dari karya itu sendiri.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

arbitrer

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Arbitrer: Jurnal Pendidikan dan Bahasa Indonesia memuat artikel-artikel ilmiah dalam bidang Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, termasuk Bahasa dan Sastra Daerah, ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa asing. Artikel dapat berupa kajian dan aplikasi teori, hasil penelitian, dan kajian ...