Gema Pendidikan
Vol 28, No 2 (2021): Juli, Gema Pendidikan

ANALISIS LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING DIMASA PANDEMI 19

Rina Anggraeni (Universitas Siliwango)
Nani Ratnaningsih (Universitas Siliwangi)
Khomsatun Nimah (Universitas Siliwangi)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan literasi matematis peserta didik ditinjau dari Self Regulated Learning di masa covid 19. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 20 orang peserta didik kelas X di SMAN 1 Singaparna. Data diperoleh dari penyebaran angket Self Regulated Learning di masa covid 19 dan tes kemampuan literasi matematis. Hasil analisis data menunjukan bahwa Self Regulated Learning peserta didik pada masa Covid 19 untuk kategori tinggi sebesar 10%, kategori sedang 80% dan 10% pada kategori rendah. Berdasarkan hasil angket Self Regulated Learning diambil 6 subjek untuk dianalisis kemampuan literasi matematisnya. Dua orang mewakili setiap kategori. Hasil analisis untuk literasi matematis yang berada pada kategori tinggi, peserta didik hanya mampu mengerjakan soal sampai level 3 yaitu peserta didik dapat mengidentifikasi informasi, memilah dan memilih serta menerapkan strategi pemecahan masalah, menginterpretasi berdasarkan informasi yang berbeda dan mampu mengemukakan alasan terhadap hasil yang didapatkan. Untuk kategori sedang, peserta didik mampu mengerjakan sampai level 2 yaitu dapat mengidentifikasi informasi, mengenali situasi dalam konteks serta memberikan alasan dan melakukan penafsiran dari hasil. Sedangkan untuk kategori rendah, peserta didik hanya mampu mengidentifikasi informasi yang terdapat pada soal level 1 namun belum mampu menyelesaikan sesuai dengan prosedur dan mendapatkan hasil yang benar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

GP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Gema Pendidikan is one of the publications of research results in the field of Education. Research studies in this journal cover all topics related to Education. The targets in the publication of this journal are Lecturers, Teachers, and Researchers in the field of Education. ...