Gema Pendidikan
Vol 28, No 2 (2021): Juli, Gema Pendidikan

ANALISIS PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS XI MIPA MENGGUNAKAN MEDIA WHATSAPP

Sarifah Fadilah (Universitas Veteran Bangun Nusantara, Sukoharjo)
Djatmiko Hidajat (Universitas Veteran Bangun Nusantara, Sukoharjo)
Ethina Primasari (Universitas Veteran Bangun Nusantara, Sukoharjo)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan media whatsapp dalam pembelajaran daring mata pelajaran matematika kelas XI MIPA 1 SMA Veteran 1 Sukoharjo selama pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik angket digunakan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan media whatsapp dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika selama pandemic covid-19. Prosedur analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Pemeriksaan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian dilihat dari persentase respon peserta didik, keempat aspek memiliki respon positif dari peserta didik.  Aspek efektivitas penggunaan media mencapai 66.30%, minat belajar 71.57%, motivasi belajar 69.02%, dan tingkat kepuasan 64.67%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media whatsapp dalam pembelajaran daring mata pelajaran matematika kelas XI MIPA 1 SMA Veteran 1 Sukoharjo selama pandemic covid-19, yaitu baik dan cukup efektif digunakan meskipun ada beberapa kendala.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

GP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Gema Pendidikan is one of the publications of research results in the field of Education. Research studies in this journal cover all topics related to Education. The targets in the publication of this journal are Lecturers, Teachers, and Researchers in the field of Education. ...