Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif untuk mengkaji hasil belajar matematika siswa pada materi perbandingan di kelas VII SMP Negeri 4 Kendari. Dari enam kelas diambil secara purposif siswa kelas VII5 dengan jumlah siswa 27 orang (11,95%) karena siswa kelas VII5ini memiliki rata-rata hasil belajar matematikanya sangat rendah. Data penelitian ini menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar matematika berbentuk uraian sebanyak enam butir soal yang valid dengan tingkat reliabilitas tinggi (r11= 0,810) yang dikembangkan oleh tim peneliti. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi perbandingan rendah dengan rata-rata 47, 24, median 43, modus 31, dan deviasi standar 23,107, Hasil belajar matematika siswa dengan kategori rendah sebanyak 73%, kategori sedang (19%), dan kategori tinggi (8%). Artinya, penguasaan siswa terhadap materi perbandingan masih sangat rendah khususnya pada materi perbandingan berbalik nilai dan skala serta penerapannya pada soal-soal pemecahan masalah matematika terkait kehidupan sehari-hari.
Copyrights © 2021