Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 12, No 2 (2021): EDISI JULI 2021

Hubungan antara Habits of Mind dengan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP

Nurul Badriyah (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Kiki Nia Sania Effendi (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Alpha Galih Adirakasiwi (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara habits of mind dengan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP pada mata pelajaran matematika. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan metode yang dipilih adalah correlational research. Sampel penelitian yang terpilih adalah siswa dari kelas IX E di SMP Negeri 1 Karawang Barat dengan jumlah siswa sebanyak 40 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling dengan spesifikasi cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berupa uraian dan non tes berupa angket skala likert. Teknik pengolahan data yang akan digunakan pada penelitian ini adalah uji korelasi pearson. Hasil uji korelasi pearson menunjukkan bahwa nilai korelasi pearson yang diperoleh sebesar 0,520 dengan nilai signifikansinya adalah 0,001 < 0,05. Hal ini berarti menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dengan keeratan hubungan yang cukup.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dikelola oleh Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo dengan terbitan pertama versi cetak dimulai Januari 2011 sedangkan terbitan pertama versi online pada bulan januari 2018. Jurnal ini terbit dua kali setahun yaitu ...