Suhuf
Vol 33, No 1 (2021): Mei

METODE TAHFIDZ AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN ISY KARIMA KARANGPANDAN KARANGANYAR (STUDI KASUS MADRASAH ALIYAH TAHFIDZUL QUR’AN)

Syahrur Rizqi Hidayatullah (Unknown)
Saifuddin Saifuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2021

Abstract

Pondok Pesantren Isy Karima Karangpandan adalah salah satu Pondok Pesantren yang menitik beratkan Al-Qur’an pada materinya. Sehingga Pondok Pesantren Isy Karima Karangpandan memiliki program menghafal Al-Qur’an atau lebih dikenal dengan Tahfidzul Qur’an. Melihat hal tersebut, peneliti melakukan penelitian tentang metode Tahfidz Al-Qur’an di Kabupaten KaranganyarBerdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa: Pertama, Metode yang digunakan Madrasah Aliyah Tahfidzul Qur’an dalam menghafal Al-Qur’an adalah dengan Metode menghafal sendiri serta dalam menghafal Al-Qur’an menggunakan sistem satu hari satu halaman. Pelaksanaan Metode Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Isy Karima Karanganyar (Madrasah Aliyah Tahfidzul Qur’an)  tahun 2019 antara lain: 1) Setoran Hafalan baru kepada Musyrif, 2) Muraja’ah hafalan kepada Musyrif masing-masing halaqah, 3) Ujian Tahfidz. Kedua, Faktor penghambat dalam pelaksanaan metode tahfidz Al-Qur’an studi kasus Madrasah Aliyah Tahfidzul Qur’an, yaitu: kemalasan, kurang dukungan orangtua dan jadwal hafalan bertabrakan dengan kegiatan lain. Sedangkan solusinya, yaitu: memotivasi diri dan management waktu.

Copyrights © 2021