Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika
Vol 6, No 1 (2021)

Perbedaan Pemahaman Matematis Ditinjau Gaya Kognitif dan Gender Siswa Kelas VII SMPN 12 Kendari

Ayu Nita, Aprilia (Unknown)
Fahinu, Fahinu (Unknown)
Busnawir, Busnawir (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui gaya kognitif siswa SMP Negeri 12 Kendari, (2) Untuk mengetahui pemahaman matematis siswa SMP Negeri 12 Kendari, (3) Untuk mengetahui perbedaan pemahaman matematis siswa ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan gaya kognitif filed independent, (4) Untuk mengetahui perbedaan pemahaman matematis siswa ditinjau dari gender dan (5) Untuk mengetahui perbedaan pemahaman matematis siswa ditinjau dari gaya kognitif dan gender. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto.Teknik pengumpulan data menggunakan tes pemahaman matematis dan tes GEFT. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan pemahaman matematis siswa ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan gaya kognitif filed independent, (2) Tidak ada perbedaan pemahaman matematis siswa ditinjau dari gender. (3) Tidak ada perbedaan pemahaman matematis siswa ditinjau dari gaya kognitif dan gender.

Copyrights © 2021