Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan LKS terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Kota Bima yang berjumlah 259 siswa sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-8 yang terdiri dari 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-6 yang terdiri dari 32 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pemahaman konsep matematika siswa. Analisis uji coba instrumen meliputi validasi, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembeda. Uji prasyarat meliputi uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji Levens dengan taraf signifikansi 0,05. Data pemahaman konsep matematika siswa diperoleh dari tes akhir dan dianalisis secara statistik dengan menggunakan uji independent t test pada signifikansi 5% dimana diperoleh hasil t hitung = 3,838 dengan p-value (Sig. (2-tailed)) = 0,0001 < 0,05 yang berarti bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya bahwa ada pengaruh postif model pembelajaran discovery terhadap pemahaman konsep matematika siswa.
Copyrights © 2018