Jurnal Pendidikan Karakter JAWARA (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, Akuntabel)
Vol 7, No 1 (2021)

MELATIH PENDIDIKAN KARAKTER ANAK DALAM PERSPEKTIF IMAM AL-GHAZALI

Siti Muhibah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Iwan Ridwan (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Najmudin Najmudin (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Abdul Aziz (STIE Putra Perdana Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2021

Abstract

Tulisan ini mencoba membuka khazanah gagasasan yang ditawarkan Imam Al-Ghazali tentang pembentukan akhlak al-kariimah pada awal pertumbuhan anak. Pendidikan moral merupakan suatu usaha sadar yang dilakukan untuk menanamkan perilaku baik kepada setiap anak. Sebagaimana ciri khas dari pendidikan Islam yang dikemukakan oleh Imam Al-Ghazali yang lebih menekankan pentingnya menanamkan nilai moralitas yang dibangun dari basic pendidikan akhlak Islami. Mengingat pentingnya pendidikan moral ditanamkan kepada anak sejak dini maka pada penelitian ini yang menjadi rumusan masalah yaitu: bagaimana melatih pendidikan moral untuk anak menurut Imam Al-Ghazali, dan bagaimana metode mendidik moral pada anak dalam perspektif Imam Al-Ghazali. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library reseach). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan historis pedagogis, adapun sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder, dan analisis data dilakukan dengan teknik content analysis. Hasil penelitian menyatakan bahwa pemikiran Imam Al-Ghazali tentang pendidikan lebih menekankan pada pendidikan moral dengan pembinaan budi pekerti dan penanaman sifat-sifat terpuji pada anak sejak dini, metode yang dapat digunakan dalam mendidik anak dengan cara menerapkan pembiasaan, dan menceritakan kisah-kisah akhlak mulia.

Copyrights © 2021