Jurnal Komputasi
Vol 9, No 1 (2021): Komputasi

APLIKASI PERMAINAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PETA DAN BUDAYA SUMATERA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Dyah Ayu Megawaty (Universitas Teknokrat Indonesia)
Damayanti Damayanti (universitas teknokrat indonesia)
Zakaria Sani Assubhi (universitas teknokrat indonesia)
Maulana Aziz Assuja (universitas teknokrat indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Indonesia secara umum mempunyai banyak keanekaragaman budaya dari berbagai pulau. Pulau Sumatera termasuk dalam pulau-pulau terbesar di Indonesia. Seiring dengan perkembangan zaman, kebudayaan yang ada di Indonesia pada saat ini secara perlahan mulai terlupakan. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah memberikan alternatif lain untuk mengenalkan pulau Sumatera pada pelajar sekolah dasar melalui aplikasi permainan sehingga siswa tidak mudah bosan dan tertarik untuk mengetahui sejarah masing-masing provinsi, rumah adat dan pakaian adatnya. Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan construct 2 dan metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle. Hasil penelitian ini berupa aplikasi permainan pengenalan peta dan budaya Sumatera yang dapat dijalankan melalui smartphone berbasis android dengan disertakan latihan soal, untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa mendalami materi yang didapat dari game ini. Aplikasi ini telah diuji kepada siswa sekolah dasar dengan rata-rata hasil 94% atau sangat baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

komputasi

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Lingkup dan fokus jurnal berkaitan dengan tema-tema computer science, information technology, information system, software engineering, data mining, artificial intelligence, networking, multimedia, database, dan operating ...