Informatics for Educators and Professional : Journal of Informatics
Vol 5 No 2 (2021): INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : JOURNAL OF INFORMATICS (Juni 2021)

Game Edukasi Simulasi Penyemprotan Cairan Disinfektan Berbasis 2D Dalam Upaya Pencegahan Wabah Covid-19

Lingga Sabdha Auraly (Sistem Informasi
STMIK IKMI CIREBON)

Andi Andi (Teknik Informatika
STMIK IKMI CIREBON)

Agis Maulana Robani (Sistem Informasi
STMIK IKMI CIREBON)

Fadhil Muhamad Basysya (Sistem Informasi
STMIK IKMI CIREBON)

Raditya Danar Dana (Manajemen Informatika
STMIK IKMI CIREBON)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Pada pertengahan tahun 2020 ini telah muncul sebuah wabah virus yang disebut dengan virus corona, atau dalam bahasa medis disebut COVID-19 yang telah memakan banyak korban jiwa, salah satu cara yang dilakukan agar terhindar dari pandemic COVID-19 ini yaitu dengan melakukan penyemprotan cairan desinfektan, namun karena kurangnya sosialisasi tentang penyemprotan disinfektan ini, banyak orang yang belum mengetahui akan pentingnya penggunaan cairan desinfektan ini, dengan adanya masalah ini mahasiswa teknik informatika dapat berperan penting untuk melakukan sosialisasi tentang penyemprotan disinfektan. Game adalah sebuah bentuk karya seni dimana peserta yang disebut pemain, membuat keputusan untuk mengelola sumber daya yang dimilikinya melalui benda di dalam game demi mencapai tujuan, Dengan pendalaman teori perancangan game edukasi dan cairan desinfektan maka dapat membuat game edukasi manfaat cairan desinfektan. Inti dari permainan ini player harus mengetahui jenis-jenis cairan desinfektan yang digunakan, mengetahui seperti apa pakaian APD yang digunakan, dan memahami bagaimana cara melakukan penyemprotan cairan disinfektan, Dalam penelitian ini game engine yang akan digunakan untuk merancang game edukasi ini yaitu Unity 3D, game engine unity 3D dipilih berdasarkan materi yang telah dipelajari selama proses perkuliahan, dan sudah dikuasai dalam pengoperasiannya, tahapan dalam pembuatan game sendiri diantaranya yaitu, menentukan alur game, merancang storyboard, pembuatan desain karakter dan layout, scripting atau pembuatan script, dan terakhir evaluasi game . Ruang lingkup yang akan dilakukannya penelitian yaitu pada kalangan anak-anak dan remaja, pelajar dan mahasiswa, Tahapan yang akan dilakukan yaitu pertama merancang game edukasi terlebih dahulu, lalu merancang kuesioner yang akan diisi oleh responden, berikutnya dilakukan penyuluhan dan sosialisasi game pada responden, Berdasarkan hasil dari uji hipotesis, dengan dikembangkannya simulasi penyemprotan berbasis game edukasi 2D dapat mendukung dalam upaya mengoptimalisasi pencegahan penyebaran covid-19

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ITBI

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering Other

Description

INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika STMIK BINA INSANI. Jurnal ini berisi tentang karya ilmiah hasil penelitian yang bertemakan: Networking, Aplikasi Sains, Animasi Interaktif, Pengolahan Citra, Sistem Pakar, ...