Studia Religia: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam
Vol 5, No 1 (2021)

IMPLEMENTASI AUTHENTIC ASSESMENT PADA PEMBELAJARAN PAI BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SMP MUHAMMADIYAH SUNGAILIAT KABUPATEN BANGKA

Muhammad Hambal Shafwan (Unknown)
Matsuni Matsuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas bagaimanakah implementasi penilaian otentik (authentic assessment) dalam pembelajaran PAI berdasarkan kurikulum 2013 di SMP Muhammadiyah Sungailiat Kabupaten Bangka. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan pendekatan fenomenologi. Kompetensi aspek sikap dinilai dengan cara observasi, penilaian diri, penilaian antar teman dan jurnal guru. Kompetensi pengetahuan dinilai dengan cara tes tulis dan tes lisan. Sedangkan kompetensi keterampilan dinilai dengan cara kinerja, produk, proyek dan portofolio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi penilaian otentik (authentic assessment) pada pembelajaran PAI berdasarkan Kurikulum 2013 di SMP Muhammadiyah Sungailiat berdasarkan hasil penelitian penulis sebagaimana tertuang dalam lembar observasi, telah dilakukan dengan baik oleh guru PAI sesuai tuntutan Permendikbud No. 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Penilaian KI-1 dan KI-2 melalui observasi, penilaian diri, penilaian antar teman dan jurnal guru. Penilaian KI-3 melalui tes tulis dan tes lisan. Sedangkan Penilaian KI-4 melalui kinerja, produk, proyek dan portofolio. Namun dalam beberapa hal masih perlu perbaikan dan peningkatan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Studia

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan artikel konsep pembelajaran dan luaran pembelajaran dalam konteks Pendidikan Agama Islam. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini diantaranya: Bahan pendidikan Agama Islam Edukator dan siswa Metode pembelajaran Kurikulum Politik Edukasi Filosofi pendidikan Pendidikan sejarah ...