Studia Religia: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam
Vol 5, No 1 (2021)

IBRAH PENDIDIKAN DALAM KITAB SHAHIH BUKHARI

Muhammad Hambal Shafwan (Universitas Muhammadiyah Surabaya)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali tentang ibrah pendidikan dalam Kitab Shahih Bukhari. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian pustaka (library research), dan teknik analisis datanya menggunakan induktif dan deduktif.  Temuan penelitian ini dapat disimpulkan: (1) Motivasi diri dan semangat yang tulus dari pribadi imam Bukhari sendiri sejak dini. Umur 16 tahun sudah berani meninggalkan kampung halaman pergi ke berbagai daerah dan negara untuk mencari guru dan belajar hadits, tanpa bekal yang memadai; (2) Dalam lawatan ilmiah dan amaliah selama 16 tahun, Beliau bertemu dan belajar langsung kepada 4000 guru yang menghasilkan kurang lebih 600.000 hadits beliau kumpulkan; (3) Hafalan imam Bukhari sangat luar biasa, tetapi dalam setiap perjalanan dari suatu daerah dan negara ke negara lainnya, kelihatan di tangannya selalu ada alat tulis; kertas dan pena yang sangat sederhana, sehingga selain menulis hadis, juga menulis nama-nama gurunya. Inilah yang kemudian menjadi daftar nama periwayat dalam sanad; (4) Rasa tanggung jawab yang sangat tinggi. Salah satu bentuk tanggung jawab ilmiahnya adalah menuliskan karya-karyanya lebih 20 judul kitab, yang diwariskan kepada generasi berikutnya termasuk kepada kita, sehingga ilmu dan pengalaman yang pernah dicapai tidak hilang begitu saja dengan wafatnya Beliau.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Studia

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan artikel konsep pembelajaran dan luaran pembelajaran dalam konteks Pendidikan Agama Islam. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini diantaranya: Bahan pendidikan Agama Islam Edukator dan siswa Metode pembelajaran Kurikulum Politik Edukasi Filosofi pendidikan Pendidikan sejarah ...