JURNAL GLOBAL EDUKASI
Vol 4, No 5 (2021): April 2021

Peningkatan Keterampilan Bercerita Melalui Metode Mind Map

Rosalin Telaumbanua (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2021

Abstract

Abstract: This study aims to improve storytelling skills through the mind map method for Class IV-A students at SD Negeri 074054 Idanotae, Gunungsitoli Idanoi sub-district, Gunungsitoli city. The research subjects were students of Class IV-A SD Negeri 074054 Idanotae with a total of 37 students. Data collection techniques using tests, observations of teacher and student activities, and documentation. The results of this classroom action research show that the storytelling skills of Class IV-A students at SD Negeri 074054 Idanotae can be improved through the mind map method. Improvements occurred in: (1) the learning process experienced an increase in a better direction in each cycle, namely increased motivation, attention, and student activity in participating in learning activities, in the first cycle the achievement obtained by students was 66% increased to 76% in the first cycle. II, (2) the results of students' skills in storytelling have increased. The average score of the students' storytelling skills in the pre-cycle was 55.92, in the first cycle it was 63.73, and in the second cycle it increased to 71.68. Thus, the use of the mind map method can improve the storytelling skills of Class IV-A students at SD Negeri 074054 Idanotae, Gunungsitoli Idanoi District, Gunungsitoli City. Keywords: mind map; storytelling  Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bercerita melalui metode mind map siswa Kelas IV-A SD Negeri 074054 Idanotae kecamatan Gunungsitoli Idanoi kota Gunungsitoli. Subjek penelitian adalah siswa Kelas IV-A SD Negeri 074054 Idanotae dengan jumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi aktivitas guru dan siswa, dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa keterampilan bercerita siswa Kelas IV-A SD Negeri 074054 Idanotae, dapat ditingkatkan melalui metode mind map. Peningkatan terjadi pada: (1) proses pembelajaran mengalami peningkatan ke arah yang lebih baik di setiap siklus, yaitu meningkatnya motivasi, perhatian, dan  keaktifan  siswa  dalam  mengikuti  kegiatan  pembelajaran,  pada  siklus  I pencapaian yang diperoleh siswa adalah 66% meningkat menjadi 76% pada siklus II, (2) hasil keterampilan siswa dalam bercerita mengalami peningkatan. Hasil rata-rata nilai  keterampilan bercerita  siswa pada prasiklus  adalah  55,92,  pada siklus I menjadi 63,73, dan pada siklus II meningkat menjadi 71,68. Dengan demikian, penggunaan metode mind map dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa Kelas IV-A SD Negeri 074054 Idanotae Kecamatan Gunungsitoli Idanoi Kota Gunungsitoli. Kata Kunci: bercerita; mind map

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JGE

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Global Edukasi (JGE) adalah jurnal yang berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian di bidang ...