Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Permainan Ludo untuk meningkatkan minat belajar fisika peserta didik dikelas VIII SMP Negeri 13 Pontianak. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang dimodifikasi menjadi tiga tahapan penelitian yaitu: 1) Analysis, 2) Design,3) Development. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa media Permainan Ludo Layak digunakan dan diterapkan sebagai media pembelajaran baik baik di SMP Negeri 13 Pontianak. 1) dengan hasil penilaian dari ahli materi mendapatkan rata-rata skor 79% dengan kriteria Layak, 2) hasil peneliaian dari ahli media mendapatkan rata-rata skor 86%, 3) respon siswa terhadap penggunaan media Permainan Ludo yang di tinjau dari aspek rekayasa produk, aspek desain pembelajaran, dan komunikasi visual mendapatkan rat-rata skor 71% dengan kriteria Layak. Adapun dari penilian secara kualitatif yang berupa komentar dan saran, secara garis besar baik dari validator, dan siswa menanggapi bawha media Permainan Ludo di SMP Negeri 13 Pontianak baik untuk digunakan dan diterapkan.Kata Kunci : Pengembangan, Permainan Ludo, Meningkatkan Minat Belajar.
Copyrights © 2021