Edumaspul: Jurnal Pendidikan
Vol 5 No 2 (2021): Edumaspul: Jurnal Pendidikan

Aquaponik Sosialisasi Penerapan Sistem Aquaponik Sederhana Terhadap Budidaya Tanaman Kangkung di Desa Pasiran, Kabupaten Asahan

Nurul Jannah (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Melinia Maduratna (Unknown)
Ade Widya Claudia (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2021

Abstract

Aquaponik menjadi salah satu kunci dalam membuka peluang usaha ditengah pandemic covid-19 yang menjajah disetiap sudut kehidupan. Penerapan system aquaponk sederhana tentu akan membantu perekonomian dan wawasan masyarakat khususnya di Desa Pasiran, Kec. Sei Dadap, Kab, Asahan yang memiliki sebagian besar bekerja sebagai petani untuk memenuhi asupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan tanaman kangkung dengan system aquaponik sederhana dengan memanfaatkan limbah anorganik sebagai media penanaman bibit kangkung. Penelitian ini menggunakan Penelitian Kualitatif dengan riset focus group discussion (FGD) peyampaian secara langsung kepada masyarakat di Desa Pasiran sebagai stakeholders penerapan system aquaponik dilingkungan rumah. Penelitian ini melakukan sosialisasi kepada masyarakat dengan mengadakan pertemuan di Balai Desa Pasiran, memberikan penyuluhan dan kegiatan tanya jawab terkait konsep system aquaponik sederhana. Hasil penelitian menunjukkan pertumbuhan pada kangkung terjadi dengan baik dan cepat berkembang. Dan dengan adanya system aquaponik sederhana, masyarakat dapat mengkonsumsi sayuran organic bebas dari bahan kimia serta menjadi peluang usaha ditengah pandemic virus covid-19.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

maspuljr

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edumaspul: Jurnal Pendidikan is first published in March 2017 and covers much research in all levels of education (primary, secondary, and higher education). Edumaspul: Jurnal Pendidikan become a CrossRef Member since the year 2019. Therefore, all articles published will have a unique DOI number. ...