Penerapan metode pemodelan memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperaktekkan keterampilan spesifik yang dipelajari di kelas melalui pemodelan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kategori kemampuan menulis teks eksposisi hasil pretes dan hasil postes siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Ukui, mengetahui samakah kategori kemampuan menulis teks eksposisi hasil pretes dan hasil postes siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Ukui menurut jenis kelamin, mengetahui penerapan metode pemodelan dalam pembelajaran menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Ukui, mengetahui samakah samakah kategori kemampuan menulis teks eksposisi hasil pretes dan hasil postes siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Ukui. Metode penelitian yaitu eksperimen one group pretest-postest. Teknik pengumpulan data yaitu tes essai. .Data dianalisis menggunakan statistik inferesial parametrik. Hasil penelitian didapat yaitu hasil postes lebih tinggi dibandingkan hasil prates, tidak terdapat perbedaan signifikan kemampuan menulis teks eksposisi berdasarkan jenis kelamin. Hal ini dilihat dari hasil pretes dan postes yang mengalami peningkatan secara signifikan dari sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan.
Copyrights © 2021