Penelitian ini menerapkan metode pemodelan dalam pembelajaran untuk mengukur kemampuan menulis paragraf prosedur siswa kelas XI IPS 1 SMAN 11 Pekanbaru. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode analisis statistik inferensial. Rancangan penelitian yaitu prates dan postes satu kelompok. Teknik pengumpulan data yaitu tes essai. Hasil penelitian kemampuan menulis paragraf prosedur siswa kelas XI IPS 1 pada prates berkategori rendah, kemampuan menulis paragraf prosedur siswa kelas XI IPS 1 berdasarkan peringkat skor pada prates tidak ada perbedaan yang signifikan, penerapan metode pemodelan dalam pembelajaran dilakukan secara daring terdapat beberapa kendala namun dikategorikan cukup baik dengan bukti adanya perubahan, kemampuan menulis paragraf prosedur siswa kelas XI IPS 1 pada postes berkategori tinggi, kemampuan menulis paragraf prosedur siswa kelas XI IPS 1 berdasarkan peringkat skor pada postes tidak ada perbedaan, kemampuan menulis paragraf prosedur siswa kelas XI IPS 1 berdasarkan hasil prates dan postes terdapat perbedaan rata-rata, prates 93,5 dan postes 558,2.
Copyrights © 2021