SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 9, No 2 (2021): JUNI 2021

Penerapan Metode Pemodelan Dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Prosedur Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 11 Pekanbaru

Meiliani, Vieny (Unknown)
Razak, Abdul (Unknown)
Septyanti, Elvrin (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini menerapkan metode pemodelan dalam pembelajaran untuk mengukur kemampuan menulis paragraf prosedur siswa kelas XI IPS 1 SMAN 11 Pekanbaru. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode analisis statistik inferensial. Rancangan penelitian yaitu prates dan postes satu kelompok. Teknik pengumpulan data yaitu tes essai. Hasil penelitian kemampuan menulis paragraf prosedur siswa kelas XI IPS 1 pada prates berkategori rendah, kemampuan menulis paragraf prosedur siswa kelas XI IPS 1 berdasarkan peringkat skor pada prates tidak ada perbedaan yang signifikan, penerapan metode pemodelan dalam pembelajaran dilakukan secara daring terdapat beberapa kendala namun dikategorikan cukup baik dengan bukti adanya perubahan, kemampuan menulis paragraf prosedur siswa kelas XI IPS 1 pada postes berkategori tinggi, kemampuan menulis paragraf prosedur siswa kelas XI IPS 1 berdasarkan peringkat skor pada postes tidak ada perbedaan, kemampuan menulis paragraf prosedur siswa kelas XI IPS 1 berdasarkan hasil prates dan postes terdapat perbedaan rata-rata, prates 93,5 dan postes 558,2.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sastra

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Sastranesia adalah jurnal ilmiah bahasa dan sastra Indonesia yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Jombang. Jurnal sastranesia focus pada kajian bahasa, sastra, dan pengajaran bahasa Indonesia. Jurnal ilmiah ini merupakan kumpulan kajian ilmiah dari civitas ...