Abstrak Sampel penelitian ini berjumlah 65 siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Manado yang dipilih dengan menggunakan nonprobability sampling. Metode yang digunakan yaitu metode pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket yang terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya. Selanjutnya data yang terkumpul kemudian dianalisa regresi dan korelasi liniar dengan pengujian statistik menggunakan program aplikasi SPPS 25. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1). terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara pengaruh penggunaan teknologi informasi dan kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa diera covid-19 pada SMK Negeri 1 Manado; 2). terdapat pengaruh yang positif antara pengaruh penggunaan teknologi informasi terhadap prestasi belajar siswa diera covid-19 pada SMK Negeri 1 Manado; 3). terdapat pengaruh yang positif antara pengaruh kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa diera covid-19 pada SMK Negeri 1 Manado. Berdasarkan kesimpulan penelitian dapat dikemukakan beberapa saran sebagai berikut: 1). Sebaiknya ada penyelenggaraan pelatihan berkaitan dengan pemanfaatan teknologi oleh guru agar kemampuan dalam menggunakan teknologi informasi makin terasah dan juga sebagai salah satu solusi dalam menghadapi beberapa tantangan pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 saat ini; 2). Peningkatan kompetensi guru di semua jenjang untuk menggunakan aplikasi daring mutlak dilakukan. Kata Kunci: Teknologi Informasi, Kinerja Guru, Prestasi Belajar Siswa Diera Covid-19, SMK Negeri 1 Manado
Copyrights © 2021