YUME : Journal of Management
Vol 4, No 2 (2021)

Analisis Pengaruh Emotional Quotient (EQ) terhadap Kualitas Pelayanan Perawat di Puskesmas Sekota Pasuruan

Hari Wahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalis pengaruh kecerdasan emosi yang meliputi mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain dan membina hubungan. Sampel dalam penelitian ini merupakan seluruh perawat di puskesmas ke kota Pasuruan sebanyak 80 orang. analisis data menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data Berdasarkan hasil analisis data Kecerdasan Emosi terdiri dari mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain, membina hubungan dari kelima variabel yang berpengaruh terhadap kualitas pelayanan perawat di puskesmas Pasuruan yaitu mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, membina hubungan sedangkan mengenali emosi orang lain tidak berpengaruh terhadap kualitas pelayanan perawat hal ini disebabkan perawat disibukkan dengan rutinitas pekerjaan dan melayani pasien sehingga waktu untuk bersosialisasi menjadi kurang. Sedangkan yang paling dominan berpengaruh terhadap kualitas pelayanan di puskespas se kota Pasuruan yaitu ‘membina hubungan’ hal ini ditunjukkan perawat mampu membina hubungan baik dengan pasien dimana perawat bisa mengenalkan dirinya dengan pasien hal ini untuk menjalin kedekatan dengan pasien, serta seorang perawat juga dapat membina hubungan baik dengan rekan kerja dan pimpinan. Kata kunci : Mengenali emosi diri, Mengelola emosi, Memotivasi diri sendiri, Mengenali emosi orang lain, Membina hubungan, Kualitas Pelayanan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

yume

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Health Professions Social Sciences

Description

YUME : Journal of Management menerbitkan naskah artikel 3 kali dalam setahun (April, Agustus dan Desember), berisikan artikel dalam bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen Sratejik, Perilaku Organisasi, Corporate Governance, ...