ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 5 No 2 (2021): AGUSTUS

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF PROGRAM PINTAR TANOTO FOUNDATION DI SEKOLAH MITRA LPTK

Maryono, Maryono (Unknown)
Budiono, Hendra (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Impelementasi Pembelajaran Aktif Program Pintar Tanoto Foundation di Sekolah Mitra LPTK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru kelas yang telah mengikuti pelatihan pembelajaran aktif. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar wawancara, lembar observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa impelementsi pembelajaran katif program pintar tanoto foundation disekolah mitra terlaksana dengan adanya penggunaan skenario pembelajaran/RPP dengan pendekatan MIKiR, penggunaan media dan lingkungan sebagai sumber belajar, penggunaan lembar kerja siswa, pemajangan karya siswa, pengaturan meja-kursi siswa, peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajara aktif, evaluasi pembelajaran aktif. Faktor penghambat impelementasi pembelajaran aktif program pintar tanoto bagi mitra LPTK pertama sulit merumuskan bentuk-bentuk kegiatan yang mencerminkan MIKiR sesuai konteks KD, sulit merumuskan pertanyaan produktif, imajinatif, dan terbuka, sulit dalam memajang karya siswa dikelas paralel.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

ELSE adalah jurnal ilmiah tentang pendidikan dan pembelajaran sekolah dasar oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah ...