Journal of Sport Coaching and Physical Education
Vol 6 No 1 (2021): May 2021

Hubungan Status Gizi Anak, Sosial Ekonomi Orang Tua dan Perkembangan Motorik Siswa SD Malahayu 03 Banjarharjo Kabupaten Brebes

Tantowi, Iman (Unknown)
Fajar, Osa Maliki (Unknown)
Widiyatmoko, Ari (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2021

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah hasil penelitian diperoleh hasil bahwa ada hubungan yang signifikan antara status gizi dengan perkembangan motorik siswa. Hal ini berdasarkan hasil uji korelasi status gizi dengan perkembangan motorik siswa menunjukkan bahwa ada korelasi antara status gizi siswa dengan perkembangan motorik siswa dengan koefisien korelasi 0,696. Dengan koefisien korelasi sebesar 0,696 tersebut menunjukkan bahwa kekuatan korelasi antara status gizi dengan perkembangan motorik siswa tergolong tinggi karena besarnya koefisien korelasi lebih dari 0,5. Hasil analisis koefisien korelasi sebesar 0,696 juga menunjukkan bahwa arah korelasi antara status gizi dengan perkembangan motorik siswa adalah positif, hal ini dapat katakan bahwa status giziberbanding lurus dengan perkembangan motorik siswa. Artinya bahwa jika status gizi meningkat maka akan dikuti meningkatnya perkembangan motorik siswa dan sebaliknya. Dan hasil uji koefisien determinasi menunjukkan harga R2: 0,484. Hal ini berarti variabel status gizi memberi sumbangan terhadap perkembangan motorik siswa sebesar 0,484 atau 48.4%, sedangkan sisanya dipengaruahi oleh faktor lain. Pengaruh yang diberikan oleh status gizi terhadap kinerja termasuk dalam kategori cukup. Hal ini memberikan gambaran bahwa tinggi rendahnya perkembangan motorik siswa dipengaruhi oleh status gizi. Perkembangan motorik siswa yang tinggi dipengaruhi oleh adanya status gizi yang tinggi pula.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jscpe

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Sport Coaching and Physical Education publishes research that reports educational practices in all appropriate contexts including, but not limited to, school physical education, club sport, and active leisure programs. The journal considers papers that discuss a broad range of physical ...