JEPA (Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis)
Vol 5, No 3 (2021)

Pengaruh Instagram @Pesenkopi_id terhadap Minat Beli Konsumen

Julda Afina Syafira (Brawijaya university)
Mas Ayu Ambayoen (Brawijaya university)
Bayu Adi Kusuma (Brawijaya university)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2021

Abstract

Pesen kopi memasarkan produk menggunakan Instagram yang memiliki ribuan Followers dan Like, tidak hanya di Instagram pada kenyataannya hampir seluruh kedai Pesen kopi selalu ramai oleh konsumen. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dan efektivitas komunikasi pemasaran pada Instagram @pesenkopi_id terhadap minat beli konsumen. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan uji analisis statistik deskriptif dan uji analisis SEM WarpPLS. sampel diambil sebanyak 100 dari followers Instagram @pesenkopi_id. Hasil penelitian menunjukan Variabel yang paling berpengaruh yaitu Connection terhadap Attention, ketika Pesen kopi memperhatikan variabel Connection dengan cara memberian informasi dan promosi melalui Instagram @pesenkopi_id dapat menimbulkan perhatian terhadap produk Pesen kopi. Sedangkan variabel yang paling tidak berpengaruh adalah Context terhadap Interest yang berarti bahwa bahasa dan isi pesan yang disampaikan oleh Instagram @pesenkopi_id tidak menjadikan konsumen tertarik terhadap produk yang ditawarkan oleh Pesen kopi. Dari 14 variabel terdapat 6 variabel tidak signifikan yaitu Context terhadap Interst,  Communication terhadap Attention, Attention terhadap Desire dan Action, Interest terhadap Desire, serta Desire terhadap Action, sehingga komunikasi pemasaran (4Cs) kurang efektif dan kurang berpengaruh terhadap minat beli (AIDA) pada Instagram @pesenkopi_id.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jepa

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian secara reguler setiap tiga bulan sekali untuk tujuan mendeseminasikan hasil penelitian dan pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa, dosen, peneliti dan pengabdi. Topik keilmuan yang ...