PEDAGOGI
Vol 7, No 2 (2021): AGUSTUS

Pengaruh Latar Belakang Pendidikan dan Kompetensi Guru Paud Terhadap Proses Pembelajaran

Indriani, Fitria D (Unknown)
Kuswanto, Kuswanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Pengaruh Kompetensi dan Latar Belakang Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Proses Pembelajaran. Jenis penulisan yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Proses pembelajaran di kelas adalah inti penyelenggaraan pendidikan yang ditandai oleh adanya kegiatan pengelolaan kelas, penggunaan media dan sumber belajar, dan penggunaan metode dan strategi pembelajaran. Semua tugas tersebut merupakan tugas dan tanggung jawab guru yang secara optimal kemampuannya menuntut kemampuan guru. Untuk menunjang kompetensi guru seharusnya guru memiliki keahlian khusus yang dipersiapkan oleh program pendidikan keahlian atau spesialisasi, tetapi pada kenyataannya masih banyak profesi guru yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Sehingga guru tersebut kurang berkompeten dan berpengaruh terhadap proses pembelajaran di kelas. Untuk memaksimalkan kompetensi guru yang latar belakang pendidikannya tidak sesuai harus diikutkan dalam program pendidikan dan pelatihan khusus. Sehingga diharapkan guru tersebut dapat memaksimalkan kompetensinya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Pedagogi

Publisher

Subject

Education Other

Description

PEDAGOGI merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Surabaya. Jurnal ini memfokuskan pada publikasi hasil penelitian, kajian dan telaah ilmiah kritis dan komprehensif dalam bidang ilmu murni anak usia dini dan pendidikan anak usia ...