Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil representasi spasial siswa Madrasah Aliyah Negeri Seluma pada materi geometri ruang selama pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas XII MIPA Madrasah Aliyah Negeri Seluma yang berjumlah 20 siswa dengan dipilih 6 siswa sebagai subjek penelitian. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan berdasarkan tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi spasial siswa mencakup 5 indikatornya yaitu 1) 87,5% siswa menjawab benar pada soal dengan indikator menyatakan kedudukan antar unsur-unsur suatu bangun ruang, 2) 66,67% siswa menjawab benar pada soal dengan indikator mengidentifikasi dan mengklasifikasikan bangun ruang, 3) 75% siswa menjawab benar pada soal dengan indikator membayangkan bentuk atau posisi suatu objek geometri yang dipandang dari sudut pandang tertentu, 4) 54,16% siswa menjawab benar pada soal dengan indikator mengonstruksi dan merepresentasikan model-model geometri yang digambar pada bidang datar dalam konteks ruang, dan 5) 58,33% siswa menjawab benar pada soal dengan indikator menginvestigasi suatu objek geometri.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021