Diklat penguatan kepala sekolah secara daring pertama kali dilaksanakan di Bali oleh LPD Universitas PGRI Mahadewa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh koneksi internet terhadap motivasi kepala sekolah dalam mengikuti diklat penguatan kepala sekolah secara daring; pengaruh pemahaman teknologi terhadap motivasi kepala sekolah dalam mengikuti diklat penguatan kepala sekolah secara daring; serta pengaruh koneksi internet dan pemahaman teknologi secara bersama-sama terhadap motivasi kepala sekolah dalam mengikuti diklat penguatan kepala sekolah secara daring. Data dianalisis dengan statistik analisis regresi berganda. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 65 orang kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan koneksi internet terhadap motivasi kepala sekolah. Jika dilihat dari pemahaman teknologi terhadap motivasi kepala sekolah juga terdaat pengaruh yang signifikan. Secara bersama-sama prediktor X1 (Koneksi Internet) dan X2 (Pemahaman Teknologi) terhadap Y (Motivasi), diperoleh hubungan signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan signifikan antara Koneksi Internet dan Pemahaman Teknologi terhadap Motivasi Kepala Sekolah Dalam Mengikuti Kegiatan Diklat Penguatan Kepala Sekolah Secara Daring di LPD Universitas PGRI Mahadewa Indonesia. Berdasarkan hasil analisis dan simpulan maka dapat disarankan kepada para kepala sekolah mempertahankan motivasi, sehingga dapat menjadi contoh bagi para guru.
Copyrights © 2021