Philanthropy: Journal of Psychology
Vol. 5 No. 1 (2021)

Pengaruh Kontrol Diri dan Dukungan Sosial Orang Tua terhadap Kedisiplinan pada Siswa SMK Dengan Motivasi Belajar sebagai Variabel Intervening

Umi Farida Febriani (Semarang University)
Rini Sugiarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2021

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh kontrol diri terhadap kedisiplinan pada siswa SMK, 2) mengetahui pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap kedisiplinan pada siswa SMK, 3) mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap kedisiplinan pada siswa SMK, 4) mengetahui pengaruh kontrol diri terhadap kedisiplinan melalui motivasi belajar pada siswa SMK, 5) mengetahui pengaruh   dukungan sosial orang tua terhadap kedisiplinan melalui motivasi belajar pada siswa SMK. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 88 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik studi populasi. Analisis data menggunakan analisis jalur dengan menggunakan program SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan 1) ada pengaruh positif kontrol diri terhadap kedisiplinan pada siswa SMK dengan p= 0,021 dimana p<0,05, 2) ada pengaruh posistif dukungan sosial orang tua terhadap kedisiplinan pada siswa SMK dengan p= 0,037 dimana p<0,05, 3) ada pengaruh positif motivasi belajar terhadap kedisiplinan siswa SMK dengan p=0,001 dimana p<0,005, 4) ada pengaruh posistif kontrol diri terhadap kedisiplinan melalui motivasi belajar pada siswa SMK dengan p= 0,014   dimana p<0,05, 5) ada pengaruh positif dukungan sosial orang tua terhadap kedisiplinan pada siswa SMK dengan p= 0,003 dimana p<0,05.Kata kunci : kedisiplinan, kontrol diri, dukungaan sosial orang tua, motivasi belajar, siswa

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

philanthropy

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences Other

Description

Philanthropy: Journal of Psychology includes articles on the results of applied concepts and psychology studies that are within the scope of positive psychology and mental health issues. It accepts articles that are based on the thorough and systematic examination of psychological constructs from ...