Jurnal al-Ulum : Jurnal Pemikiran dan penelitian ke-Islaman
Vol 8 No 2 (2021): al- Ulum (Jurnal Pendidikan, Penelitian dan pemikiran ke Islaman)

FEEDBACK SISWA SEBAGAI REFLEKSI UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MADRASAH

Halimatus Sa’diyah, Masykurotin Azizah, Evi fatimatur Rusydiyah, Atnawi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2021

Abstract

Madrasah sebagai Lembaga Pendidikan Islam yang semakin diminati oleh masyarakat harus melakukan peningkatan mutu lembaganya termasuk profesionalisme guru-gurunya. Refleksi dalam proses mengajar bagi guru merupakan hal yang penting dalam peningkatan profesionalisme Guru. Untuk mengetahui bagaimana keberhasilan guru dalam mengajar diperlukan Refleksi dari feedback siswa, dengan begitu guru akan mengetahui apa yang perlu diperbaiki dalam peningkatan kualitas mengajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimanakah peningkatan profesionalisme guru melalui refleksi dari feeback siswa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus. Data diambil melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada 140 siswa dan 15 guru. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa refleksi yang dilakukan siswa dapat meningkatkan profesionalisme guru dalam mengajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

alulum

Publisher

Subject

Religion Humanities

Description

The journal AL-ULUM (Islamic thought and Educational Journal) published an article on the theme of education, using the language of Indonesia or the United Kingdom that includes the study of literature, conceptual thinking and research results in the field of education. These journals give priority ...