Penelitian ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui pemebelajaran pendekatan saintifik dengan penugasan video  pengamatan. Metode eksperimen semu dipilih peneliti untuk melakukan penelitian ini. Terdapat satu variabel bebas yaitu pendekatan saintifik dengan penugasan video pengamatan dan satu varibel bebas yaitu hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis menunjukan nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel. Keadaan tersebut berarti ada perbedaan hasil belajar antara kelas sebelum dikenai tindakan pembelajaran saintifik dengan penugasan video pengamatan dengan sesudah dikenai tindakan. Nilai dari rata-rata masing-masing tindakan pembelajaran  yaitu  75,41 untuk kelas sesudah dikenai tindakan pemebelajaran pendekatan saintifik dengan penugasan video  pengamatan. Nilai rata-rata 66,67 untuk kelas sebelum dikenai tindakan pemebelajaran pendekatan saintifik dengan penugasan video  pengamatan. Hasil belajar peserta didik pada kelas sesudah dikenai pembelajaran saintifik dengan penugasan video pengamatan lebih baik daripada kelas sebelum dikenai tindakan pembelajaran saintifik dengan penugasan video pengamatan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021