Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 9, No 1 (2021)

ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN TEMATIK DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19

Iswahyudi Iswahyudi (Universitas PGRI Madiun)
Teguh Suharto (Universitas PGRI Madiun)
Sigit Ricahyono (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan strategi pembelajaran daring yang digunakan oleh guru-guru di SDN 2 Karangpatihan Kecamatan Balong Ponorogo selama masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah dokumen, peristiwa, dan informan. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas I sampai dengan guru kelas VI, peserta didik, dan wali peserta didik. Peristiwa dalam penelitian ini adalah segala bentuk kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan guru kelas I sampai dengan kelas VI secara daring maupun kombinasi. Dokumen yang diamati dalam penelitian ini adalah, prota, promes, silabus, RPP, dan daftar nilai. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik metode triangulasi dengan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di SDN 2 Karangpatihan berjalan dengan baik. Hasil pembelajaran guru yang menggunakan daring campuran menunjukkan hasil yang lebih baik daripada daring penuh. Semakin banyak variasi aplikasi yang digunakan untuk pembelajaran daring menunjukkan peningkatan hasil pembelajaran.

Copyrights © 2021