Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 9, No 1 (2021)

IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN SUGESTOPEDIA DAN TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PAUD

Nunik Suryantini (Universitas PGRI Madiun)
Bambang Eko Hari Cahyono (Universitas PGRI Madiun)
Sigit Ricahyono (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menjelaskan implementasi metode pembelajaran sugestopedia dan Total Physical Response (TPR) untuk mengembangkan  kemampuan berbicara siswa PAUD. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa usia 4-5 tahun PAUD Joy Kota Madiun. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode suggestopedia dan total physical response TPR adalah metode yang tepat digunakan dalam pembelajaran di masa pandemi covid 19, maka diharapkan agar dikembangkan implementasinya pada kelompok usia yang berbeda dan aspek perkembangan anak yang lain.

Copyrights © 2021