INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Vol 4 No 2 (2021): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science

Implementasi Algoritma FAST Pada Media Pembelajaran Interaktif Dalam Pengenalan Candi Jiwa Berbasis Augmented Reality (Studi Kasus: SMAN 1 Telagasari)

Imam Yusup (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Adhi Rizal (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Nono Heryana (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2021

Abstract

Pandemi COVID-19 di Indonesia, mengharuskan proses pembelajaran dilaksanakan secara daring atau online. Berbagai kendala seperti koneksi internet yang tidak stabil dan kurang menariknya metode pembelajaran yang diberikan oleh guru mengakibatkan pemahaman serta minat belajar siswa/i nya menjadi menurun. Media pembelajaran interaktif dalam pengenalan Candi Jiwa berbasis Augmented Reality menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) dengan model Prototype. Algoritma FAST digunakan untuk proses pembuatan marker yang akan dijadikan image target pada software Unity 2020.3.10f1. Black Box Testing digunakan untuk menguji fungsionalitas media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality tersebut. Berdasarkan hasil Pre-Test dengan nilai rata-rata sebesar 61 dan Post-Test dengan nilai rata-rata sebesar 85,33 yang telah diambil sampel dari tiga kelas, yaitu kelas XI IPS 1, 2, dan 3 SMAN 1 Telagasari dengan banyaknya responden berjumlah 30 siswa/i (10 siswa/i per kelas) dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman yang signifikan mengenai hasil evaluasi belajar siswa/i, sebelum dan sesudah diberikan metode pembelajaran

Copyrights © 2021