JURNAL SWARNABHUMI
Vol 6, No 2 (2021): Jurnal Swarnabhumi

PENGAPLIKASIAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY-TWO STRAY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PERSEBARAN SUMBER DAYA ALAM DI KELAS XI SMA NEGERI 8 PALEMBANG

handeka deka (universitas pgri palembang)
Sukardi sukardi (universitas pgri palembang)
Maharani oktavia (universitas pgri palembang)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

ABSTRAKMasalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Pembelajaran Geografi Siswa Kelas XI Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two stay two stray Pada Pokok Bahasan Persebaran Sumber Daya Alam SMA N 8 Palembang?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis, mendeskripsikan dan mengetahui: Hasil pembelajaran Geografi siswa kelas XI melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two straypada pokok bahasan persebaran Sumber Daya Alam SMA N 8 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, yang menguraikan atau memaparkan tentang bagaimana proses pembelajaran Persebaran Sumber Daya Alam di SMA N 8 Palembang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen kategori  pre-test and post-test one group yaitu sebuah eksperimen yang dilakukan sebelum eksperimen (pre-test) dan sesudah eksperimen (post-test). Berdasarkan penelitian dan pembahasan pada bab IV dan analisis data yang telah disajikan mengenai pembelajaran Geografi siswa kelas XI melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray pada pokok bahasan persebaran Sumber Daya Alam SMA N 8 didapatlah kesimpulan yaitu dalam proses pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray semua siswa dapat berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran dan pembelajaran di dalam kelas menjadi lebih menarik, siswa lebih mengerti serta tidak membosankan, sehingga siswa dapat memahami materi yang dipelajari dengan baik. Hasilnya dapat dilihat dari nilai yang diperoleh rata-rata pada tes awal (Pre-test) adalah 69,5 sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh pada tes akhir  (Post-test) adalah 82. Didapatlah kesimpulan bahwa ada pengaruh positif pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray pada pokok bahasan persebaran Sumber Daya Alam SMA N 8. Dari hasil penelitian tersebut terdapat pengaruh yang signifikan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

swarna

Publisher

Subject

Humanities Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Swarnabhumi is a scientific and education journal managed and published by Geography Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, PGRI University of ...