KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat
Vol 4, No 2 (2021): Juli

Optimasi pembelajaran daring siswa dan guru di masa pandemi Covid-19 menggunakan Google Classroom pada PKBM Bhakti Asih

Achmad Solichin (Unknown)
Dwi Kristanto (Universitas Budi Luhur)
Gandung Triyono (Universitas Budi Luhur)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2021

Abstract

Pandemi Covid-19 yang terjadi secara global mengakibatkan pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan belajar di rumah bagi seluruh institusi pendidikan di semua jenjang. Kebijakan belajar di rumah menjadi tantangan tersendiri bagi penyelenggara pendidikan yang belum memiliki infrastruktur pembelajaran daring, termasuk PKBM Bhakti Asih. Selain itu, kesiapan guru dan siswa juga menjadi kendala dalam penerapan pembelajaran daring. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (abdimas) bertujuan untuk membantu PKBM Bhakti Asih dalam mengatasi permasalahan tersebut. Langkah pelaksanaan abdimas meliputi identifikasi masalah menggunakan metode observasi dan wawancara; analisis solusi dengan melakukan studi literatur; perencanaan kegiatan; pelaksanaan kegiatan; dan evaluasi kegiatan. Kegiatan abdimas ini berupa pelatihan bagi guru dan siswa untuk menggunakan Google Classroom dalam rangka mendukung proses belajar-mengajar secara daring di masa pandemi Covid-19. Outcome dari kegiatan abdimas ini berupa peningkatan kompetensi guru dan siswa dalam penggunaan Google Classroom, serta kesiapan PKBM Bhakti Asih dalam melaksanakan pembelajaran daring. Selain itu, berdasarkan penilaian peserta kegiatan, pelaksanaan kegiatan ini dinilai sangat baik dan peserta merasa puas dengan narasumber pelatihan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

KACANEGARA

Publisher

Subject

Education

Description

KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Adisutjpto merupakan jurnal pengabdian pada masyarakat yang digunakan untuk mempublikasikan hasil pengabdian pada masyarakat yang dilakukan oleh civitas academica. Kacanegara terbit setiap bulan Januari dan Juli ini memiliki ISSN Cetak dengan nomor ...