Pandemi Covid-19 membuat seluruh sektor mengalami perubahan yang signifikan, tak ubahnya dnegan sektor Pendidikan. Berbagai upaya dilakukan demi terlaksananya proses pembelajaran dengan maksimal mesikupn dengan keterbatasan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan platform zoom terhadap motivasi dan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah kimia migas di Sekolah Tinggi Teknologi Migas Balikpapan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan Analisa uji t sebagai uji hipotesis didalamya. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dengan nilai signifikansi uji t di bawah 0,05 maka penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan platform zoom memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa dalam mata kuliah kimia migas. Hal yang sama ditemukan saat melakukan pengujian hipotesis terhadap hasil belajar, bahwa penggunaan platform zoom memiliki pengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah kimia migas, hal ini juga ditunjukkan oleh nilai signifikansi yang berada di bawah 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis Ho yang mengatakan bahwa tidak ada pengaruh penggunaan platform zoom terhadap motivasi dan hasil belajar ditolak, dan Ha yang mengatakan bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan platform zoom terhadap motivasi dan hasi belajar diterima.
Copyrights © 2021