Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman
Vol. 15 No. 2 (2015): Islamika : Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman

PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SD ISLAM MUTIARA AL-MADANI SUNGAI PENUH

Hadi Candra (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2016

Abstract

Based on a preliminary study that the ultimate purpose of Civic Education in primary schools should not only expected to shape the mora lcharacter of students, SD Islam Mutiara Al-Madani Sungai Penuh, should shape both its students’ cognitive and affective aspect, such as faith and piety. This is a qualitative study, in which the data is collected through interviews and observations. The participants of this study are fifth grade students of Al- Madani Elementary School. Berdasarkan studi pendahuluan bahwa tujuan akhir dari Pendidikan Kewarganegaraan di sekolah dasar tidak hanya responsif, kritik, dan kreativitas sosial tetapi penanaman diharapkan untuk membentuk bangunan karakter moral siswa, pengembangan karakter di SD Islam Al Madani di kota Sungai Penuh, tidak hanya pada aspek proses belajar wawasan memiliki tetapi diimbangi dengan iman dan takwa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan instrumen pengumpulan data melalui wawancara dan observasi dengan subjek siswa kelas lima SD studi Islam di Kota Sungai Penuh Penuh Al Madani. Hasil penekanan; pendidikan karakter acara itian memiliki visi terus disetel untuk pembentukan moral individu, yang dilakukan cakap mengambil keputusan dalam perilaku mereka, dan mampu berperan aktif dalam membangun kehidupan bersama dalam tantangan global.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

islamika

Publisher

Subject

Arts Humanities Other

Description

Jurnal Islamika: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman (e-ISSN 2502-7565, p-ISSN 1693-8712 is a peer-reviewed (double blind review) journal published by Research and Community Service Office, State Islamic Institute of Kerinci. The goal of this journal is to facilitate scholars, researchers, and teachers for ...