Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan
Vol 9, No 2 (2021): AGRILAN : JURNAL AGRIBISNIS KEPULAUAN

STRATEGI PEMASARAN BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.) DI KEBUN PRAKTEK FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS NUSA NIPA

Antonius Nong Yeri (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Nusa Nipa, Jln. Kesehatan No. 03, Sikka, Nusa Tenggara Timur 86111)
Sarlina Noni (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Nusa Nipa, Jln. Kesehatan No. 03, Sikka, Nusa Tenggara Timur 86111)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2021

Abstract

Strategi pemasaran menjadi hal utama dalam mencapai tingkat keberhasilan suatu usaha. Untuk merealisasikan tingkat usaha diperlukan peran bidang pemasaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Strategi pemasaran bawang merah di kebun praktek Fakultas Pertanian Universitas Nusa Nipa (Kebun Praktek Unipa). Metode penelitian yang digunakan adalah studi lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam dan pengamatan langsung. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, aktifitas pemasaran di Kebun Praktek Unipa menggunakan strategi bauran pemasaran yaitu Produk yang dijual di Kebun Praktek Unipa ada berbagai tanaman hortikultura. Produk-produk yang ditawarkan oleh merupakan produk dengan mutu yang baik. Penetapan harga dengan mengambil keuntungan dari seluruh biaya yang dikeluarkan. Lokasi Kebun Praktek Fakultas Pertanian Universitas Nusa Nipa Indonesia berada pada tempat yang strategis yaitu dekat pasar sehingga mudah untuk dijangkau. Strategi promosi yang dilakukan oleh Kebun Praktek Unipa adalah dengan menggunakan media massa dan secara langsung ke masyarakat.

Copyrights © 2021