NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 8, No 3 (2021): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

PELAKSANAAN PELATIHAN KETERAMPILAN DAN PENGEMBANGAN KOMPETENSI ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS I TANGERANG

Indra Bagus Angkoso (Politeknik Ilmu Pemasyarakatan)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2021

Abstract

Anak merupakan generasi penerus bangsa. oleh karena itu, setiap anak harus mendapatkan pembinaan maupun bimbingan sehingga fisik, mental dan spiritualnya dapat berkembang dengan baik. Dalam proses tumbuh kembang anak menuju dewasa seringkali kita temui terdapat perilaku menyimpang yang dilakukan anak. Perilaku menyimpang yang dilakukan anak dapat menjerumus ke ranah pidana. Hukuman pidana bagi anak adalah keputusan terakhir dalam perjalanan sistem peradilan pidana anak. Anak yang dijatuhi hukuman pidana akan menjalani masa pidananya di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA). Anak yang menjalani masa pidana di LPKA akan mendapatkan pembinaan untuk membuat anak didik pemasyarakatan  dapat  diterima  kembali  oleh  masyarakat  dan tidak  mengulangi  tindak pidana/residivis. Pembinaaan juga memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki anak agar ketika kembali ke kehidupan masyarakat dapat berperan aktif dan bertanggung jawab. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pelatihan keterampilan dan pengembangan kompetensi anak yang diberikan melalui program pembinaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pelatihan keterampilan dan pengembangan kompetensi yang dilakukan di LPKA Kelas I Tangerang sudah berjalan dengan baik namun masih ditemui hambatan dalam pelaksanaannya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...