Keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dalam pembelajaran merupakan aplikasi proses berpikir peserta didik yang harus didorong dengan menggunakan soal yang mencakup level HOTS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui soal buatan guru berbasis HOTS di kelas V SDN Kota Palembang pada tema ekosistem. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Kriteria soal buatan guru berbasis HOTS di kelas V SDN Kota Palembang sudah mengukur level kognitif C4, C5 dan C6 dengan jumlah C4 menganalisis paling banyak digunakan guru. Persentase bentuk stimulus yang terdapat pada soal buatan guru berbasis HOTS kelas V SDN Kota Palembang pada tema ekosistem yaitu sebesar 1,1% atau 3 soal saja dengan rincian: gambar sebesar 0,7% dan penggalan kasus sebesar 0,4%. Persentase soal berbasis HOTS dalam soal buatan guru di kelas V SDN Kota Palembang pada tema ekosistem yaitu sebesar 2,9%. Dengan level kognitif C4 sebesar 1,5%, C5 sebesar 0,7% dan C6 sebesar 0,7%.
Copyrights © 2021