JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 1 (2021): 2021

Analisis Soal Hots pada Tema Ekosistem di Sekolah Dasar

Purnama, Santia Indah (Unknown)
Marlina, Marlina (Unknown)
Desyandri, Desyandri (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2021

Abstract

Keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dalam pembelajaran merupakan aplikasi proses berpikir peserta didik yang harus didorong dengan menggunakan soal yang mencakup level HOTS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui soal buatan guru berbasis HOTS di kelas V SDN Kota Palembang pada tema ekosistem. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Kriteria soal buatan guru berbasis HOTS di kelas V SDN Kota Palembang sudah mengukur level kognitif C4, C5 dan C6 dengan jumlah C4 menganalisis paling banyak digunakan guru. Persentase bentuk stimulus yang terdapat pada soal buatan guru berbasis HOTS kelas V SDN Kota Palembang pada tema ekosistem yaitu sebesar 1,1% atau 3 soal saja dengan rincian: gambar sebesar 0,7% dan penggalan kasus sebesar 0,4%. Persentase soal berbasis HOTS dalam soal buatan guru di kelas V SDN Kota Palembang pada tema ekosistem yaitu sebesar 2,9%. Dengan level kognitif C4 sebesar 1,5%, C5 sebesar 0,7% dan C6 sebesar 0,7%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...