JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 1 (2021): 2021

Peningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Materi Ajar Makna Peninggalan-Peninggalan Sejarah yang Berskala Nasional di Indonesia dengan Menggunakan Media Gambar

Dewi, Ratna Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2021

Abstract

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas V SD Negeri 017 Tanjung Medan Kecamatan Tanjung Medan Tahun 2018/2019. Latar belakang penelitian ini adalah mutu pendidikan yang dilihat dari berbagai segi, salah satunya adalah dengan melihat hasil belajar siswa. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya bahan pelajaran, bakat dan minat, kecerdasan serta faktor guru dan instrumen lingkungan. Masalah penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: apakah media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar tentang Makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah: meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar tentang konsep Makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 017 Tanjung Medan yang berjumlah 20 orang. Hasil penelitian: dari data yang diperoleh dianalisis berdasarkan ketuntasan belajar siswa, yakni 95% dari jumlah siswa sudah mencapai taraf penguasaan konsep yang diberikan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...