Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa dengan menerapkan pembelajaran penemuan pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam siswa kelas V di SDN 035 Indrapuri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian berjumlah 30 siswa, dengan komposisi 15 siswa perempuan, dan 15 siswa laki-laki. Tahapan penelitian tindakan kelas yang dilakukan meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 35%. Pembelajaran penemuan dapat meningkatkan pengetahuan siswa kelas V pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam. Kebaruan dari penelitian ini adalah didapatkannya pengetahuan-pengetahuan baru siswa kelas V yang sebelumnya tidak nampak. Siswa dapat menentukan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari dengan baik
Copyrights © 2021