Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah suatu proses pembinaan tumbuh dan kembang anak usia lahir sampai dengan 6 tahun secara menyeluruh, yang mencangkup aspek fisik dan non fisik memberirangsangan bagi perkembangan jasmani rohani (moral dan spiritual), motorik, daya pikir, emosioanal dan sosial yang tepat dan benar agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Pendidikan anak usia dini disesuaikan dengan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Untuk mengetahui kemampuan motorik kasar anak sebelum diterapkan Tari Piring pada anak umur 5-6 tahun di TK Tahfidz Al Munawarah; 2) Untuk mengetahui kemampuan motorik kasar anak setelah diterapkan Tari Piring pada anak umur 5-6 tahun di TK Tahfidz Al Munawarah; 3) Untuk mengetahui adakah pengaruh Tari Piring untuk meningkatkan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Tahfidz Al Munawarah. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan menggunakan Metode One Group Pretest-Posttest Designyang memiliki 2 tahapan yaitu Perencanaan dan Pelaksanaan.Perencanaan berupa sebelum melakukan eksperimen peneliti melakukan persiapan-persiapan praeksperimen sebagai berikut: 1) Mengumpulkan data anak yang akan menjadi subjek penelitian anak usia 5-6 tahun dengan jumlah 16 orang anak (kelompok B), 2) Menentukan waktu pelaksanaan, sebelum pengambilan data terlebih dahulu mempersiapkan format yang diperlukan yaitu lembar observasi tentang kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Dalam Tahapan Pelaksaan ini berupa pretest, tratment dan posttest. Hasil tes anak sebelum perlakuan (pretest) adalah yaitu 37,23% berada pada kriteria Belum Berkembang (BB). Dan setelah dilakukan perlakuan (posttest) yaitu 66,66%berada pada kriteria berkembang sesuai harapan (BSH).
Copyrights © 2021